" THE IMPLEMENTATION OF CONTINUOUS IMPROVEMENT PROGRAM AT BADAK LNG "

 

CIP atau Continuous Improvement Program adalah sebuah sistem yang sudah ada di Badak LNG sejak tahun 1996. Sistem ini dibuat untuk menyelesaikan masalah pekerjaan di unit kerja serta penuangan ide dengan konsep PDCA (Plan Do Check Action) & DELTA (Delapan Langkah Tujuh Alat) yang berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan.
 

Dalam jenis penerapannya, CIP dibedakan berdasarkan jumlah orang yang terlibat. Apabila dilakukan oleh 1-2 orang dari unit kerja yang sama dinamakan Individual Improvement (I-Prove), apabila dilakukan oleh 5-7 orang dari unit kerja yang sama dinamakan dengan Functional Team Improvement (FT-Prove) dan bila dilakukan oleh 7-10 orang dari unit kerja  yang berbeda (lintas Department) dinamakan dengan Project Collaboration Improvement (PC-Prove).
 

CIP bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan value creation, meningkatkan pertumbuhan ide perbaikan serta inovasi, dan membangun budaya perbaikan yang berkelanjutan. Lewat CIP ini, Badak LNG bisa menjalankan fungsinya bukan hanya sebagai perusahaan yang menyumbang devisa negara lewat pengelolaan gas alam, namun lebih jauh dari itu Badak LNG dapat pula tampil sebagai perusahaan yang penuh dengan inovasi-inovasi yang mengarah pada perbaikan yang berkesinambungan.
 

Tujuan jangka pendek Badak LNG melakukan kegiatan CIP adalah disamping untuk memotivasi karyawan, meningkatkan kemampuan karyawan dalam pemecahan masalah, dengan adanya CIP dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dalam memberikan rekomendasi, solusi-solusi terhadap pemecahan masalah tersebut kepada pihak Manajemen serta menanamkan kesadaran karyawan tentang pentingnya pencegahan masalah. Sedangkan untuk jangka panjang, inovasi-inovasi tersebut akan meningkatkan produksi, efisiensi serta keamanan dan keselamatan kerja sehingga perusahaan mampu berkompetisi dengan perusahaan lain di bisnis LNG.
 

Sehingga dengan konsistensi perbaikan yang mengacu pada konsep mutu QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Safety & Moral), akan muncul improvement dari berbagai aspek, Sehingga perusahaan dapat melakukan efisiensi sekaligus meningkatkan efektifitas sehingga sejalan dengan visi Badak LNG agar “Menjadi perusahaan energi kelas dunia yang terdepan dalam inovasi”.