Program CSR

Program Pemberdayaan Masyarakat

 

Pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan operasi Perusahaan merupakan kegiatan utama Badak LNG dalam hal tanggung jawab sosial perusahaan. Sejalan dengan peran Badak LNG sebagai perusahaan kelas dunia, pembentukkan karakter dan keterampilan SDM yang matang menjadi kunci keberhasilan perusahaan.

 

  • Kampung Masdarling
    Kampung Masdarling atau Masyarakat Sadar Lingkungan menyuguhkan pengunjung dengan berbagai wilayah wisata yang ramah lingkungan seperti Kampung Jajan, Kampung Main, Kampung Oleh-Oleh, Kampung Narsis dan Kampung Sehat.

 

  • Kampung Asimilasi
    Kampung Asimilasi merupakan program community development yang memberdayakan narapidana (napi) dalam masa asimilasi untuk menjalankan aktivitas mitra binaan. Para narapidana diharapkan mampu memiliki keterampilan dan kemampuan untuk melanjutkan hidup setelah masa tahanan berakhir.
     

 

  • Mangrove Information Center
    Mangrove Information Center menyajikan wisata edukatif mengenai jenis-jenis mangrove dan bagaimana mangrove ini dapat diolah menjadi produk dengan nilai jual tinggi dan dapat dikonsumsi.

 

  • Knowledge House
    “Knowledge House” atau ‘Rumah Pengetahuan’ merupakan fasilitas yang menjadi representasi Badak LNG dan berisi informasi mengenai kegiatan Perusahaan, baik secara operasional maupun CSR-nya. Knowledge House memiliki sejumlah fasilitas yang bisa diakses publik di antaranya mini cinema, maket kilang LNG, perpustakaan, dan snack pit yang menjual berbagai produk mitra binaan Badak LNG. Saat ini, Knowledge House dikelola oleh salah satu kelompok mitra binaan yang sudah mandiri yaitu KOCIBU.
     
  • Bontang Kuala Ecotourism
    Bergerak di bidang pariwisata, program Comdev ini memadukan potensi yang ada di Bontang Kuala dengan konsep pemberdayaan masyarakat. Di tahun 2018, Badak LNG mengembangkan atraksi dengan menambahkan fasilitas Floating Homestay. Adapun atraksi lain yang terdapat pada program ini antara lain wisata susur sungai Belanda, snorkeling, wisata sejarah Bontang Kuala, adopsi mangrove, dan adopsi terumbu karang.

     
  • UMKM Pesisir
    Program UMKM Pesisir menyasar kaum perempuan untuk memberdayakan potensi mereka melalui kegiatan produktif. Pada tahun 2018, program UMKM Pesisir membina delapan kelompok pengolah hasil laut, di antaranya keripik bawis, keripik kulit bandeng, olahan rumput laut, dan olahan mangrove. Selain dijual di sejumlah toko di Kota Bontang, hasil produksi program UMKM Pesisir ini menjadi oleh-oleh bagi tamu Perusahaan khususnya dan masyarakat Bontang pada umumnya.

     
  • Pondok Apung
    Program ini merupakan pengembangan dari program budidaya ikan kerapu. Melalui Pondok Apung, mitra binaan pengelola mengolah hasil laut, baik berupa tangkapan langsung maupun dari budidaya di keramba, menjadi kuliner khas pesisir. Program ini juga bekerja sama dengan kelompok nelayan di luar mitra binaan Badak LNG sebagai penyedia ikan maupun transportasi sehingga penerima manfaat proram lebih luas.

     
  • Selangan City
    Sebagai salah satu kampung laut di Kota Bontang, Selangan memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Melalui program Comdev, Badak LNG mengembangkan potensi tersebut menjadi “Selangan City”, program wisata bahari dengan memanfaatkan potensi masyarakat setempat dan kearifan lokal. Hingga tahun 2018, Badak LNG telah memberikan pendampingan kelompok, pelatihan manajemen pariwisata, pelatihan elektrolisis air, dan bantuan infrastruktur seperti renovasi dermaga. Adapun atraksi yang bisa dinikmati wisatawan antara lain snorkeling, kuliner pesisir, dan mencari kerang.

     
  • Wisata Dayak Bontang
    Program ini merupakan salah satu wujud perhatian Badak LNG terhadap budaya lokal. Berpusat di Lamin Dayak (rumah adat Dayak) Bontang, Wisata Dayak Bontang memberdayakan komunitas Dayak untuk mengembangkan potensi wisata dengan atraksi seperti pertunjukan seni musik dan tari, penjualan suvenir khas, serta informasi seputar Dayak dan sub suku-sukunya.